TOMKET 108.CAI.2012.CA

Bulusaraung 1.353 Mdpl dan 30x8 m

Posted by Unknown On 23.23 No comments

“PASUKAN 8”
PEMBUNGKUSAN PUNCAK BULUSARAUNG 1.353 MDPL 30x8M.
14-17 AGUSTUS 2013 G. BULU SARAUNG , MAROS PENGEKP

g   Gunung Bulusaraung adalah salah satu Gunung di Sulawesi Selatan lokasinya berada diantara Kab. Pangkep dan Kab. Maros, tepatnya di Kec. Balocci Desa Tompobulu dengan ketinggian gunung mencapai 1353 Mpdl.
 Gunung bulusaraung ini juga termaksud salah satu Gunung di Sulawesi Selatan yang banyak dikunjungi baik itu para wisatawan luar Sulawesi Selatan maupun para Pendaki Gunung. Untuk menuju ke puncak hanya perlu menempuh jarak sekitar 3-4 jam dari pemberhentian terakhir atau biasanya disebut POS 0 di Desa Tompo bulu.

Perjalanan kali ini akan menjadi sebuah kisah tersendiri bagi saya Kegiatan Pengibaran Bendara Merah Putih Raksasa di puncak gunung bulusaraung mambentuk semangat nasionalisme saya smakin bertambah. Proses pembuatan Bendera Merah Putih Raksasa dari tahap penjahitan sampai pengecatan kuarang lebih dua minggu dengan diameter 30x8m

Proses Pembuatan Bendera

setelah semua perlengkapan tim, pribadi dan ransum persiapan 1hari selasai kami memulai perjalan dari kesekretariat Cagar Alam Indonesia Cinta Alam (CAICA) berjumlah 6 orang pada kamis 14 Agustus 2013. Pukul 14.00 WITA. Kami telah meninggalkan Kota Makassar saya dan Kating berboncengan, Nango membawa Bendara Merah Putih yg sudah dilipat seperti carrier menggunakan sepada motor, Pararang, Goole’ dan Kalapua menggunakan anggkutan umum.
pukul 15.30 Saya dan Kating sudah berda di Balocci dan membawa surat izin perjalanan ke Kantor Polsek Balocci.

Pukul 17.40 Wita, kami tiba di Desa Tompo Bulu dan akhirnya malam hari pun tiba diawali dengan Adzan Magrib Yang berkumandang. kami beristirahat sejanak ditemani segelas montea dan sebatang rokok Surya.
kabut dan menara pos 8

Waktu sholat magrib telah berlalu Pukul 18.00 kami bersiap melanjutkan perjalan menuju puncak Gunumg Bulu Saraung  dari Pos 1 berbagai macam rintangan kami lalui hingga  sampai di Pos 8 kami beristirhat dan sebotol nutrisari dingin raciakan saya sendiri penghapus dahaga
Pukul 21.30 kami tiba di Pos 9 mencari lokasi camp yang luas gunanya pada saat puncak 17san kaka pendiri dan angggota-anggota lainnya Cagar Alam Indonesia Cinta Alam (CAICA) bisa membuat camp saling berdekatan.

Mentari Pagi pos 9
Kami saling membagi tugas ada yg memasang tenda, mengambil air dan memasak sambil menuggu makanan siap, saya dan Jasmaryadi mengecek kembali perlengkapan Refling yg kami bawah dari kesekretariat Cagar Alam Indonesia Cinta Alam (CAICA)        Setelah makan kami mencari posisi yang enak untuk merokok dan sekarang tugas saya bersama kalapua mencuci piring dan megambil air untuk membuat kopi.
Jam tangan saya menunjukak pukul 01.20 kamipun satu persatu masuk kedalam tenda untuk merebahkan diri dan beristirahat. Suara langka pendaki lain mulai ramai mencari lokasi camp sabetan parang mulai terdengar, keesokan paginya saya heran melihat camp yang begitu banyak mungkin karna 17san yah..
Tanggal 15 Agustus 2013 Pukul 10.00 Jhony dan Cobra tiba di Pos 9 mereka bertugas membawa ransum persiapan 3 hari jumlah kami sekarg menjadi 8 orang
            16 Agustus 2013 Keluarga besar Cagar Alam Indonesia Cinta Alam (CAICA) datng satu persatu dari Pendiri dan Anggota-Anggota yang ingin membantu Mengibarkan Bendara Merah Putih Raksasa, langsung saja kami arahkan dan membantu memasangkan tenda ditempat yang sudah kami siapkan.
Hari semakin gelap dengan ditemani secerek kopi kami mulai membahas cara-cara yang dipergunakn pada saat pengibaran dipuncak Gunung Bulusaraung tepat

Detik-Detik Pengibaran Bendara Raksasa 30x8m.

Minggul 04.00 pagi Tanggal 17 Agustus 2013 Keluaraga besar Cagar Alam Indonesia Cinta Alam (CAICA) ± 100 orang bergerak menuju puncak Gunung Bulusaraung, butuh waktu 3jam untuk membungkus puncak Gunung Sulusaraung Kerasnya terpaan angin tidak menyurutkan semangat kami uantuk membungkus puncak Gunung Bulusaraung, banyak pendaki yang membantu kami memegang bendera pada saat bendera kita kibarkan adapula pendaki lain yang mengabadikan moument ini berfoto sementara Bendara Merah Putih Raksasa belum selesai kami pasang .
 Pukul 07.00 Kegiatan  Pembungkusan Puncak Bulusaraung oleh Cagar Alam Indonesia Cinta Alam (CAICA) telah berhasil degan penuh proses panjang kami bangga dengan hasil akhirnya, kamipun menyempatkan diri foto bersama-sama 07.30 kami turun kembali ke camp untuk mengisih perut dan Pukul 15.00 kami naik kepuncak untuk menggulung kembali Bendara Merah Putih Raksasa dan membawah turun kami, 17.00 kami berisiap untuk pulang selama perjalanan cobaan yang kami hadapi mulai hujan, haus, dan lapar, tapi karna kemauan kami kuat untuk dan semangat 45 kami berhasil melaksanakn misi dan kembali pulang akhirnya kami sampai di rumah masing-masing dengan selamat.